Tiga Tips Agar Tak Sakit Saat Berlibur

Saat berlibur, kadang lelah tak terasa. Liburan juga biasanya identik dengan wisata makan. Tapi hati-hati, jangan sampai Anda jatuh sakit saat pelesiran. Berikut ini cara mengatur pola makan yang dirangkum majalah Travelounge edisi Mei 2014 agar Anda tak sakit saat berlibur

1. Sarapan
Saat sarapan, pilihlah menu yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Makanan sepertioatmeal, roti gandum, atau pisang bisa jadi pilihan. Hidangan ini mengandung zink, antioksidan, serta berbagai vitamin. Pisang juga mengandung kalium yang baik untuk kebugaran tubuh. Selain itu, Anda yang mengidap maag bisa terhindar dari rasa begah. Padukan dengan teh hijau atau teh hitam yang mengandung polifenol dan flavonoid.

2. Camilan
Mengunyah keripik kentang atau keripik singkong memang asyik saat berjalan-jalan. Tapi kandungan garam dan monosodium glutamatnya tentu tak baik untuk tubuh. Lebih baik sediakan potongan buah segar untuk camilan. Selain kaya vitamin, kandungan air di dalamnya juga akan mengurangi risiko dehidrasi. Kue kering gandum tanpa gula juga bisa jadi pilihan kudapan siang.

Yoghurt pun bisa jadi alternatif camilan siang. Satu cangkir saja bisa membuat Anda terhindar dari serangan flu. Jika perut lapar karena perjalanan yang menguras tenaga, ubi pas jadi pengganjal perut.

3. Jangan Lewatkan Sayuran
Sesekali menikmati makanan khas di tempat wisata tentu boleh-boleh saja. Tapi jangan lupakan sayuran dalam menu Anda. Kol, meskipun tampak sederhana, nyatanya mengandung antioksidan jenis glutamin yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika ingin sayuran yang lebih berwarna, brokoli bisa jadi pilihan. Sayuran kribo ini penuh dengan nutrisi yang melindungi sel tubuh dari kerusakan. Vitamin A, C, dan glutathione juga terkandung di dalamnya.

Semoga tiga tips agar tak sakit saat berlibur dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan saat berpergian.

Sumber: Tempo.co

Kilafa Organizer

Kilafa Organizer