Kiat Terhindar dari Pencuri Saat Pergi Liburan

Tidak seorang pelancong ingin mengalami pengalaman buruk selama perjalanan wisata. Apalagi sampai kehilangan barang ataupun yang karena dicuri. Karena itu, perlu langkah pencegahan. Apalagi pencuri dan pencopet tidak hanya ditemukan di sejumlah kota di Asia, tapi juga di Eropa dan belahan bumi lainnya.

Jadi dimanapun Ada, sebaiknya berhati-hati dan berikut kiat untuk mencegahnya, seperti dikutip dari Travelounge edisi Desember 2014.

Salinan Dokumen

Hanya dokumen terkait yang dibawa selama perjalanan. Buat salinannya dengan memfotokopi. Ketika hilang, adanya salinan tersebut akan mudah untuk diurus. Misalnya, jika sedang di luar negeri kehilangan paspor dan punya salinannya, makan akan lebih mudah mengurus di kantor kedutaan setempat atau di dalam negeri akan lebih mudah mengajukan surat hilang ke kepolisian.

Benda-benda berharga yang dibawa sebaiknya diambil fotonya, sehingga jika hilang, Anda bisa menunjukkan ciri-cirinya dengan jelas. Selain itu, mempermudah mengurus asuransinya. Namun sebaiknya tidak membawa benda berharga yang tidak diperlukan dalam perjalanan.

Hindari Keramaian atau Daerah Sunyi

Kejahatan lazimnya terjadi pada tempat dengan kondisi tertentu, misalnya keramaian atau sebaliknya daerah yang sepi. Sebaiknya hindari lokasi seperti itu atau selalu waspada bila berada di dua lingkungan tersebut.

Namun jangan lengah juga jika Anda berada di daerah yang dinilai cukup aman. Anda sebaiknya mengenakan tas pinggang untuk menaruh uang atau barang yang penting, sehingga lebih sulit untuk dijambret atau tindakan kriminal lain. Selain itu, seharusnya memilih berjalan sebelum hari gelap jika berada di area yang kurang aman.

Amankan Barang Anda

Saat meninggalkan kamar untuk mengunjungi objek wisata, sebaiknya tata barang-barang dan tidak berantakan. Simpan benda-benda yang penting di tempat tertutup. Bila hotel menyediakan brankas besi, paling aman menaruh di sana. Sebelum check-out, jangan lupa mengecek setiap laci dan bagian bawah tempat tidur karena barangkali ada barang yang tercecer.

Pilihan Tas

Selain tas pinggang untuk menyimpan barang berharga berukuran kecil, pilih benda-benda lain yang tergolong aman. Misalnya, benar-benar tertutup, memiliki beberapa kompartemen dengan ritsleting, sehingga tidak dengan mudah ditemukan. Menggunakan tas selempang lebih baik dibanding jenis lainnya. Anda bisa menyilangkan di tubuh dan menempatkan tas di depan atau di salah satu sisi.

Waspada

Kata ini harus dicamkan dalam setiap perjalanan. Bukan hanya keramaian seperti di halte bus, stasiun kereta, tapi juga di manapun peluang terjadi keributan atau kerusuhan lebih besar. Namun di manapun Anda berada, biasanya bila terjadi kericuhan, Anda juga cenderung lengah dengan barang bawaan.

Sumber: Tempo

Kilafa Organizer

Kilafa Organizer