Paket City Tour Cirebon

Cirebon
1D
Mulai dari IDR 250.000

Paket City Tour Cirebon

Kilafa Organizer – Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Cirebon juga dikenal dengan Kota Wali, oleh sebab itu Kota Cirebon mempunyai beberapa Keraton, diantaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Kaprabonan.

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan adalah keraton  termegah dan paling terawat di Cirebon . Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata  merah dan terdapat pendopo di dalamnya. Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Kerator Kanoman

Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada sekitar tahun 1678 M. Keraton Kanoman masih taat memegang adat-istiadat dan pepakem, di antaranya melaksanakan tradisi Grebeg Syawal,seminggu setelah Idul Fitri dan berziarah ke makam leluhur, Sunan Gunung Jati di Desa Astana, Cirebon Utara. Peninggalan-peninggalan bersejarah di Keraton Kanoman erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang giat dilakukan Sunan Gunung Jati, yang juga dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan – Kecirebonan dibangun pada tanggal 1800 M, Bangunan kolonial ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah seperti Keris, Wayang, perlengkapan Perang, Gamelan dan lain-lain. Seperti halnya Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, Kecirebonan pun tetap menjaga, melestarikan serta melaksanakan kebiasaan dan upacara adat seperti Upacara Pajang Jimat dan sebagainya. Keraton Kacirebonan berada di wilayah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, tepatnya 1 km sebelah barat daya dari Keraton Kasepuhan dan kurang lebih 500 meter sebelah selatan Keraton Kanoman. Keraton Kacirebonan posisinya memanjang dari utara ke selatan (posisi yang sama dengan keraton-keraton lain di Cirebon) dengan luas tanah sekitar 46.500 meter persegi.

Kaprabonan

Kaprabonan adalah peguron (Tempat pembelajaran) yang didirikan oleh putera mahkota Kesultanan Kanoman Pangeran Raja Adipati (PRA) Kaprabon yang lebih memilih untuk memperdalam ilmu agama Islam pada tahun 1696.  Pada tahun 1681, Belanda menawarkan perjanjian persahabatan kepada Kesultanan Cirebon yang pada waktu itu telah dipecah menjadi dua yaitu Kasepuhan dan Kanoman yang kemudian ditandatangani pada tanggal 7 Januari 1681, perjanjian persahabatan yang dimaksud adalah untuk memonopoli perdagangan di wilayah Cirebon.

Sumber – Wikipedia

Membahas sejarah singkat Keraton, Cirebon pun terkenal dengan kulinernya. Salah satu kuliner yang terkenal di Cirebon adalah Nasi Jamblang. Nasi Jamblang, nasi yang dibungkus oleh daun jati dan ditemani dengan berbagai lauk pauk seperti, telor dadar, tempe, sambal goreng cabai dan masih banyak lagi lauk yang disajikan. Masih banyak lagi cerita tentang sejarah Kota Cirebon ini. Mau tau lebih lanjut bagaimana sejarah Kota Cirebon ? Jangan bingung guys, Kilafa Organizer menghadirkan paket City Tour Cirebon, yuk simak paket nya .


PAKET CITY TOUR CIREBON

FASILITAS :

  • Bus Pariwisata
  • TPR
  • Makan 3x
  • Snack 1x
  • Tour Leader
  • Air Mineral
  • Tiket Masuk Obyek Wisata
  • Spanduk
  • P3K

RUNDOWN :

Hari Pertama :

  • Keraton Kasepuhan
  • Goa Sunyaragi
  • Perundingan Naskah Linggarjati
  • Wisata Batik Trusmi
  • Kerajinan Rumah Kerang
  • Oleh-oleh khas Cirebon

 


Let’s booking now !